Jumat, 22 Juni 2012

Taklukkan Yunani 4 - 2, Jerman Ukir Rekor Baru

 

Keunggulan 4-2 itu tidak hanya meloloskan mereka ke semi-final pesta sepakbola Eropa 2012, tapi juga mencatat rekor dalam kemenangan beruntun di turnamen kompetitif.

Hasil maksimal atas anak-anak asuh Fernando Santos merupakan kemenangan ke-15 secara beruntun yang dicatat skuat besutan Joachim Loew. Rekor baru ini mampu melampaui rekor 14 kemenangan yang sebelumnya dicatat Prancis, Belanda dan Spanyol.

Awal catatan apik Der Panzer dimulai saat Jerman meraih kemenangan di laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Saat itu, Die Nationalmanschaff mampu menundukkan tim underdog Uruguay dengan skor 3-2.

Rekor berlanjut saat Jerman berlaga di kualifikasi Piala Eropa 2012. Hebatnya, Jerman mampu menyapu bersih sembilan pertandingan dan menjadi ancaman serius di Polandia-Ukraina.

Tim Panser Jerman melenggang ke semifinal Piala Eropa 2012 setelah menundukkan Yunani. Dalam pertandingan yang digelar di Arena Gdansk, Polandia, Sabtu (23/6) dini hari WIB, anak asuh Joachim Loew unggul dengan skor 4-2.

Sejak awal pertandingan, Philipp Lahm dkk mampu menguasai jalannya pertandingan. Sedangkan Yunani menerapkan permainan bertahan dan sesekali menyerang balik.

Di 10 menit pertama, orkestra yang dipimpin Mesut Ozil mampu merepotkan lini pertahanan Yunani dan mendapatkan kesempatan emas.

Pada menit 4, Schurrle mampu membobol gawang Yunani yang dijaga Sifakis. Sayang, gol pemain muda berbakat itu tidak dianggap wasit karena sang pemain berada dalam posisi offside.

Di menit 23, tendangan Ozil dari jarak 10 meter hampir membuat fans Yunani terdiam. Menerima sodoran bola dari Reus, tendangan pelan gelandang Real Madrid itu mampu diantisipasi Sifakis.

Yunani bukannya tanpa perlawanan. Para Spartan juga mampu membuat bek-bek Jerman kocar-kacir dengan serangan balik mematikan.

Pada menit 31, Ninis yang menerima umpan Samaras langsung merangsek ke area penalti lawan dan melesatkan tendangan keras. Sayang, tembakan Ninis masih dapat dibendung oleh Manuel Neuer.

Jerman lalu membuka skor dengan gol cantik yang dilepaskan sang kapten, Philipp Lahm di menit 39. Dari luar kotak penalti, Lahm melepaskan tendangan keras yang melesat ke pojok gawang dan tak bisa dibendung Sifakis.

Hingga turun minum, skor 1-0 untuk Jerman tidak berubah.Di babak kedua, lagi-lagi Jerman memainkan penguasaan bola. Tapi, beberapa kesempatan yang diraih mampu dipatahkan pemain bertahan Yunani. Alih-alih menambah keunggulan, Jerman justru kebobolan. Di menit 55, Yunani menyamakan kedudukan lewat Samaras. Menerima crossing Dimitris Salpingidis, Samaras mampu menjebol gawang sambil menjatuhkan diri tepat di depan Neuer.

Sayang, enam menit kemudian Sami Khedira mampu membawa Jerman kembali unggul. Tendangan voli kencang Khedira memanfaatkan umpan dari Boateng tak bisa dihadang Sifakis. Skor pun menjadi 2-1 untuk Jerman. Kembali unggul, Jerman makin gencar melancarkan serangan. Hasilnya, tim Panser makin menjauh pada menit 68 setelah Klose memasukkan bola dengan tandukan memanfaatkan tendangan bebas Ozil.

Gawang Sifakis kembali bobol untuk keempat kalinya setelah Reus berhasil memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Klose yang sebelumnya dapat diblok Sifakis. Skor 4-1 membuat Jerman sedikit mengendurkan serangan. Namun, upaya memperlambat tempo itu dapat dimanfaatkan Yunani untuk berganti menyerang.

Di menit 87, Yunani berhasil memperkecil ketertinggalan. Gol tercipta dari titik penalti akibat kesalahan Boateng yang menyentuh bola di kotak terlarang. Eksekusi yang diambil Salpingidis mampu mengecoh pergerakan Neuer. Skor pun menjadi 4-2.

Namun, penalti Salpingidis menjadi gol terakhir pada pertandingan tersebut. Hingga wasit meniupkan peluit, skor 4-2 untuk keunggulan Jerman tak berubah.

Kemenangan ini memberikan tiket bagi Jerman untuk ke semifinal. Di semifinal, Der Panzer akan menunggu laga Inggris versus Italia sebagai calon lawan. 

Sumber : MetroTV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar